Berita Rencana Kenaikan Tarif Dasar Listrik

18 09 2009

Salam Hormat kepada Ibu Dewi selaku Dosen dari Mata Kuliah Fundamental of Bussines. Dan salam bagi kawan-kawan semua yang melihat postingan ini.

Saya ingin menyampaikan satu hal yang mungkin dapat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia.

Pada hari Senin, tanggal 14 September 2009 saya sedang browsing internet ketika saya melihat berita yang cukup menarik perhatian saya. Dimana PLN berencana menaikkan tarif dasar listrik. Hal ini tentu saja membuat beberapa kalangan memprotes kenaikan ini. Tidak terkecuali Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Mereka beranggapan bahwa kenaikan ini dapat menyebabkan kesulitan bagi rakyat. Khususnya bagi pengusaha industri kecil. “Pengaruh kenaikan TDL terhadap pelanggan industri besar tidak apa-apa, karena mereka mendapat windfall akibat kenaikan harga minyak,” ujar Ketua Umum Hipmi Erwin Aksa. Dijelaskannya, industri besar yang dimaksud adalah industri yang memanfaatkan bahan baku seperti sektor pertambangan.

Saya setuju dengan mereka dimana memang kenaikkan ini sudah barang tentu sangat menyulitkan pengusaha dan rakyat kecil. Industri kecil kita masih sangat terpukul ketika krisis ekonomi dunia melanda beberapa saat yang lalu. karena itu menurut hemat saya ada baiknya PLN mengkaji ulang kenaikan Harga ini. Karena efek domino yang dapat terjadi sangat besar. Yaitu jika TDL sampai naik, maka akan membuat Industri kecil mau-tidak mau menaikkan cost dalam proses produksi, sehingga hal ini dapat menaikkan harga barang yang mereka produksi. Hal ini selanjutnya akan membebani supplier ataupun consument dari barang-barang tersebut. Karena harga-harga yang naik membuat masyarakat enggan ato mengurangi pembelian nya.

Terima kasih, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Tommy Sastra Irawan

Actions

Information

One response

28 09 2009
theoseputro

baru di edit,bos?wkwk..

gw mau nge upload foto2 bisnis nya kapan ya enknya?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

