Dolar AS Belum Berdaya

28 09 2009

Senin, 28/09/2009
DetikFinance

Jakarta – Dalam transaksi yang tipis, nilai tukar rupiah pada pekan lalu menguat menembus level 9.660 per dolar AS. Penguatan rupiah kali ini didukung oleh semangat penguatan mata uang regional lainnya atas dolar AS.

Sepanjang pekan lalu, mata uang regional terus bergerak menguat atas dolar AS didorong oleh keinginan mengambil risiko kembali di tengah harapan membaiknya pemulihan ekonomi.

Pada Jumat (25/9/2009) lalu, rupiah ditutup menguat ke 9.660 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya di level 9.730 per dolar AS. Dan pada perdagangan Senin (28/9/2009), rupiah masih stabil dibuka di level 9.661 per dolar AS.

Sementara yen tercatat menguat hingga titik tertinggi dalam 7,5 bulan terakhir atas dolar AS. Yen pada akhir pekan lalu diperdagangkan di kisaran 89,60 dolar, dibandingkan sebelumnya di level 91.23 dolar. Yen sempat menembus 89,51 dolar.

Investor kini cenderung memilih mata uang yang lebih berisiko namun memberikan imbal hasil tinggi, ketimbang mata uang ‘safe-haven’ layaknya dolar AS. Apalagi Bank Sentral AS diperkirakan terus menahan suku bunga ekstra rendah untuk beberapa waktu kedepan demi menggerakkan lagi pasar kreditnya.

Dolar AS juga semakin mendapatkan tekanan dari pernyataan G20 dalam pertemuannya di Pittsburgh, AS pekan lalu.

“Para pemimpin G20 sepertinya membuat pernyataan implisit bahwa meraka tidak akan melaksanakan kompetisi devaluasi. Ini merupakan pengulangan untuk membiarkan pasar memutuskan gerak mata uang dan tidak menggunakan kebijakan moneter guna mendapatkan keuntungan perdagangan,” ujar Sacha Tihanyi, analis dari Scotia Capital seperti dikutip dari AFP.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: