Harga Karet Ekspor Turun

28 09 2009

Harga karet kualitas ekspor di Palembang, Sabtu tercatat Rp 18.653 per kilogram (kg) atau mengalami penurunan tipis dibanding sebelumnya mencapai Rp 18.750 per kg.

Sekretaris Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Sumatra Selatan (Sumsel), H Awie Aman di Palembang, Sabtu (26/9) mengatakan, dalam beberapa hari terakhir harga karet kualitas ekspor jenis SIR 20 di pasaran internasional sedikit mengalami penurunan.

Beberapa pedagang pengumpul ketika ditemui sebelum transaksi di kawasan pabrik pengolahan karet kawasan Kertapati, Palembang mengatakan, harga jual karet kwalitas ekspor dalam sebulan terakhir memang belum menentu.

Menurut Habsor, pedagang pengumpul dari Desa Sugihan, Kabupaten Muara Enim, harga karet dalam sebulan terakhir selalu naik dan turun namun selisihnya tidak terlalu jauh bahkan cenderung naik.

“Kalau dibandingkan situasi akhir tahun 2008, harga karet sekarang ini sudah membantu para petani, hanya saja sayangnya harga membaik itu belum diimbangi dengan jumlah produksi,” kata dia.

Menurut dia, dalam tiga bulan terakhir walaupun harga berangsur membaik, namun produksi yang dihasilkan petani semakin merosot, karena pengaruh musim kemarau.

“Biasanya produksi karet petani rata-rata 25 kg hingga 30 kg, sekarang untuk mencapai 15 kg saja per hari susah,” kata dia.

“Harga karet di tingkat petani sekarang ini kisaran Rp 6.000 per kg, atau mengalami kenaikan dibanding bulan lalu Rp 5.400 per kg,” kata Sumarso, pedagang pengumpul lainnya.

Pantauan pada sejumlah pabrik pengolahan karet di kawasan Kecamatan Kertapti, juga terlihat penurunan produksi. Hanya ada dua hingga tiga unit truk yang melakukan transaksi, padahal ketika produksi normal bisa mencapai belasan unit per hari.

Sementara data Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat menyebutkan, ekspor karet Sumsel periode Januari-April 2009 tercatat volume mencapai 213 ribu ton lebih dengan hasil devisa 287,657 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara total keseluruhan realisasi ekspor nonmigas Sumsel periode Januari-April 2009 melalui 27 jenis komoditas andalan mencapai volume 1,603 juta ton dengan hasil devisa 638,313 juta dolar AS, dan dari jumlah itu 287,657 juta dolar AS diantaranya disumbang komoditas karet.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: