Kenaikan Tarif Sejumlah Ruas Toll pada 28 September 2009

28 09 2009

Salam Hormat kepada Ibu Dewi selaku Dosen dari Mata Kuliah Fundamental of Business.  Serta teman-teman terkasih.  Saya mempunyai berita yang masih baru.

Pada hari ini, tepatnya tanggal 28 September 2009 PK 00:00 telah terjadi kenaikan tarif toll di beberapa ruas. Yaitu:  tol Jagorawi, Jakarta-Tengerang, Surabaya-Gempol, Padalarang-Cileunyi, Cawang-Tomang-Grogol-Pluit,  Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Ulujami-Pondok Aren, Palimanan-Kanci, Semarang A,B,C dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga.

Besarnya kenaikan beragam, dari Rp 500,00 sampai lebih dari Rp 1.000,00. Seperti yang terjadi di ruas toll Jakarta-Tangerang, dimana terjadi kenaikan sebesar Rp 1.000,00 dari Rp 3.500,00 menjadi Rp 4.500,00.

Kenaikan ini berdampak terhadap pendapatan dari PT. Jasa Marga selaku pengelola dan pengembang dari jalan toll yang ada di Indonesia. Diperkirakan kenaikan pendapatan yang terjadi sekitar 10%, dari tahun lalu Rp 3,2 triliun, dan tahun ini Rp 3,6 triliun.  Hal ini selaras dengan yang diucapkan oleh Direktur Utama PT. Jasa Marga Frans Sunito dalam acara konferensi pers di kantor Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat (25/9/2009).

Menurut saya kenaikan ini memang disatu sisi berdampak positif terhadap pendapatan PT. Jasa Marga. Namun di sisi lain, hal ini dapat berdampak kenaikan harga barang-barang. Hal ini disebabkan kenaikan tarif tol secara otomatis akan menaikkan biaya transport barang-barang tersebut.

Serta kenaikan tarif ini dapat semakin memberatkan para pekerja yang bekerja di Jakarta namun bertempat tinggal di daerah-daerah pinggir Jakarta.  Seperti yang berada di daerah Serpong, Bekasi, dsb.

Terima kasih atas perhatiannya…

Tommy Sastra Irawan

Berita disadur dari Detik Finance.


Actions

Information

One response

28 09 2009
Pasang Iklan Gratis

Kali ini konsumen kembali menjadi korban, tarif di berbagai ruas tol naik cukup signifikan. Menurut hemat saya, hal ini kurang bijak. Kalaupun mau menaikkan tariff, sudah selayaknya didahului oleh perbaikan fasilitas.

Menurut informasi yang saya dengar, masih banyak kekurangan di sejumlah ruas tol. Misalnya saja jalan yang berlubang dan sebagainya. Kalau sudah begitu, pantaskah tariff tol naik?. Sudah saatnya hak konsumen dihargai, jangan hanya memihak pada keuntungan pengusaha semata!!
Pasang Iklan Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: