Angkringan Naskuc(Nasi Kucing)

29 09 2009

Nasi Kucing adalah makanan khas Jawa. Nasi kucing adalah nasi bungkusan yang  diberi sejumput lauk-pauk didalamnya. Disebut Nasi Kucing karena porsinya yang sedikit seperti makanan untuk kucing. Saya suka sekali ngumpul-ngumpul bareng teman-teman SMA saya, khususnya di Angkringan Nasi Kucing. Nah, karena inilah, saya sudah cukup kenal baik dengan penjaga tempat ini.

Makanan disini relatif murah, berkisar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per bungkus, terdiri dari nasi ikan asin, nasi tempe orek, nasi bakar dan sate-satean. Minuman yang disajikan pun beraneka ragam, seperti kopi dan susu jahe, dengan harga yang relatif mahal, yaitu Rp 4.000. Sebenarnya harga minuman tersebut sangatlah murah, karena porsi yang disajikannya adalah sebesar gelas teh besar, bukan secangkir kecil.

Yang paling menarik adalah, suasana disekitar tempat itu. Tempat ini berada di sebuah kawasan perumahan  di Puri Indah. Tempat ini tenang, tidak banyak mobil yang lewat sehingga tidak bising. Ditambah lagi, kita makan disinari cahaya rembulan nan indah dan bintang-bintang dilangit yang menemaninya, dengan pencahayaan yang redup dari lampu minyak, sungguh romantisnya tempat ini (alasan untuk mengajak pacar anda kesini).

Setelah saya bertanya-tanya soal pekerjaan mereka, makanan yang dijual disana dimasak jam 5 pagi dan dijual disana pada jam 8 malam. Mereka memasak makanan tersebut pagi-pagi dengan maksud menjual makanan mereka di kantin sekolah IPEKA Puri. Sisanya baru masuk ke gerobak untuk berdagang di malam hari. Jika ada sisa lagi, maka makanan tersebut diberikan ke karyawan mereka atau petugas kebersihan yang bekerja di sekolah IPEKA. Pendapatan mereka bisa mencapai Rp 300.000 hingga Rp 500.000 dalam sehari.

Tempat Angkringan ini selalu penuh di jam-jam tertentu di hari tertentu, khususnya malam minggu dan hari raya. Pelanggan yang datang, biasanya berasal dari kelas menengah bawah dan pelajar yang sedang berhemat (kata halus dari pelit), dan selalu datang dalam grup atau kumpulan orang.

Menurut saya, ini bisnis yang cukup bagus untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari, karena dengan porsi yang sedikit, pelanggan dibuai dengan harga yang terlihat murah, sebenarnya kalau dihitung-hitung jatuhnya bisa cukup mahal.

NB: Untuk foto-foto segera saya postingkan jika saya nongkrong bareng teman-teman lagi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: